MCB MELEJITKAN BAKAT, KEMAMPUAN dan KECERDASAN Otak Anak.

Imagesumateracerdas.com

BANYAK akademisi yang berkumpul di gedung Dome (18/5) untuk berbagi ilmu seputar siswa cerdas berbakat. Acara yang dikemas dalam Seminar Nasional Keberbakatan “Optimalisasi Siswa Gifted” ini membahas tentang potensi serta problematika yang dihadapi pelajar dengan IQ yang tinggi dan belajar di kelas akselerasi di sekolahannya. Tak mudah memang memperlakukan anak-anak gifted ini agar mampu mencapai kemampuan optimalnya.

Hal ini disampaikan oleh Dosen Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Ni’matuzahroh, S.Psi, M.Si. Menurut wanita berhijab ini pendidikan dan bimbingan karir pada siswa gifted masih belum tersentuh.
Program dari pemerintah hanya sebatas mewadahi keistimewaan mereka dalam bidang akademik, padahal minat lain yang mereka tunjukan seperti ketertarikan pada pekerjaan lebih cepat muncul ketimbang teman-teman sebayanya yang berada pada kelas regular.
“Penting untuk mengajukan sebuah model pendidikan dan bimbingan karir pada mereka agar tidak hanya sisi kognitifnya yang terwadahi namun mereka juga bisa mengembangkan bakat dan minat yang mereka miliki,” terangnya.
Ia melakukan penelitian tentang hal tersebut dan mendapatkan hasil bahwa pendidikan dan bimbingan karir yang ada di sekolah penyelenggara akselerasi masih menyatu dengan bimbingan konseling untuk siswa regular.
“Belum ada program yang spesifik dari BK untuk melakukan kegiatan bimbingan karir. Kurangnya pelibatan orang tua, keterbatasan tenaga dan pengetahuan tentang metode bimbingan karir,” imbuhnya.
Kondisi demikian membuat siswa lebih banyak mencari informasi karir melalui internet serta bertanya pada orang yang dianggap lebih memiliki pengalaman. Jika hal tersebut terus berlangsung, akan berdampak kepada siswa yang masih belum bisa mengambil keputusan keputusan karir yang didasarkan pada kesesuaian antara potensi diri dan pilihan karir yang dapat ditekuni.
Permasalahan lain diungkapkan melalui penelitian Ketua Unit Akselerasi Madrasah Aliyah Negeri Model Bojonegoro, Roli Abdul Rokhman, M.Ag. Walaupun program akselerasi mulai mendapatkan respon dan telah diterapkan di sekolah untuk anak-anak cerdas istimewa, namun harus disadari bahwa program percepatan tersebut juga membutuhkan penanganan terhadap masalah sosial dan emosional yang seringkali dialami.
“Regulasi untuk pelayanan siswa cerdas istimewa memang sudah ada, hanya saja saat di lapangan tidak sesuai dengan regulasi yang berlaku. Hal ini memunculkan spekulasi dan menimbulkan beragam kekeliruan yang berakibat fatal dan merugikan banyak pihak,” serunya.
Kekeliruan dalam pengelolaan kelas yang dimaksud tersebut ialah keliru dalam proses rekruitmen, layanan program, aspek kurikulum, proses pembelajaran, penilaian pembelajaran, pengembangan diri peserta didik, pemilihan tenaga pendidik, hingga serta keliru dalam manajemen layananan peserta didik cerdas istimewa…kur/fia

Disini kami Team MCB SumateraCerdas bersama MCB Support system memberikan Pelatihan Meningkatkan KEMAMPUAN, Talenta Anak serta mengaktivkan Kecerdasan Multiple intelligences.. yang berfungsi untuk ,: Meningkatkan Konsentrasi, meningkatkan kemampuan daya ingat, anti sterss, melejitkan Bakat, menstabilkan emosi, membangun kepercayaan diri, meningkatkan PRESTASI, dan BERAKHLAK MULIA, melalui pelatihan MCB Plus, training Talenta , Brain gym, dan mendengarkan music kecerdasan.

 
trainer dan motivator

Hubungi Team MCB Support System:

0878 9294 2992,

0812 6667 2992

Terimaksih,

salam Hormat,

Bastra Sinaro

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s